Ironi Obyek Wisata

Picture Source - Urban Hiker


Sampah masih menjadi masalah yang di tempat-tempat wisata di Indonesia yang terkenal karena media sosial. Hal itu diungkapkan oleh penulis dan travel blogger, Alexander Thian setelah menceritakan keindahan alam Indonesia
.
"Banyak destinasi yang populer karena media sosial. Kemudian jadi ramai dan kotor karena sampah wisatawan. Saya banyak terima komplain dari teman-teman dari luar negeri. Bilang Indonesia bagus tapi sampah," kata Thian kepada KompasTravel usai acara "MEDIA GATHERING by Hotel Quickly Indonesia" di Pong ME! Ping Pong Lounge.
.
Ia mengungkapkan setiap destinasi yang populer dikunjungi wisatawan pasti terdapat banyak sampah. Ia memberikan contoh obyek wisata di gunung-gunung yang biasa didaki. .
"Misalnya naik gunung. Ada pendaki yang cuma foto, ngibarin bendera, tulis nama di kertas. Kertas-kertasnya ditinggal di gunung. Padahal kan gampang dibawa turun," jelasnya.
.
Fasilitas tempat sampah juga menjadi kendala untuk mengurangi potensi sampah yang ada. Thian mengatakan fasilitas tempat sampah masih kurang di tempat-tempat wisata.
.
"Kalau ada juga sedikit. Setiap satu kilometer cuma ada satu," ungkap pria yang telah berwisata di Indonesia maupun luar negeri ini.
.
Ia berharap walaupun tempat wisata ramai dikunjungi karena media sosial, wisatawan dapat menjaga tempat wisata. Thian mengatakan jangan sampai obyek-obyek wisata di Indonesia rusak.
.
.
Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Sumber Berita : travel.kompas.com